Lebih 100 Ribu Mobil Mulai Balik ke Jakarta

oleh

Jakarta – PT Marga Mandala Sakti selaku pengelola jalur Tol Tangerang-Merak mencatat 126.114 kendaraan menuju Jakarta dan Merak pada Minggu, 17 Juni 2018. Namun sebagian besar kendaraan umum dan pribadi itu lebih banyak yang mengarah ke Jakarta sebagai arus balik Lebaran Idul Fitri 2018.

Menurut Rawiah Hijjah, Public Relation Manager Tol Tangerang-Merak, arus balik sebenarnya sudah terlihat pada satu hari setelah Lebaran atau pada 16 Juni. Namun arus itu diperkirakan terus meningkat dari hari ke hari.

Puncak arus balik Lebaran 2018 diperkirakan terjadi pada 19-20 Juni, tidak hanya pada transportasi darat melainkan juga jalur laut dan udara. Petugas Tol Tangerang-Merak pun disiagakan untuk mengantisipasi antrean panjang terutama pada arus balik mengarah ke Tangerang dan Jakarta.

“Untuk mengoptimalkan layanan transaksi, kami sebagai pengelola jalan tol menambah jumlah petugas transaksi dan armada layanan lalu lintas. Bahkan kalau nantinya terjadi antrean akan diberlakukan sistem jemput bola,” kata Rawiah pada Minggu.

Pengelola juga akan memberikan diskon 10 persen selama periode 15-17 Juni 2018. Peningkatan layanan transaksi pun dilakukan dengan melakukan optimalisasi pengoperasian gardu dan penambahan petugas jaga.

Pada Gerbang Tol Cikupa, terdapat penambahan petugas yang berjaga untuk memastikan kelancaran transaksi bagi pengguna jalan. Bila pengguna jalan memerlukan bantuan saat bertransaksi, petugas akan siap membantu.

“Kami menyediakan layanan pengisian ulang/top up uang elektronik di setiap kantor gerbang dan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak, yaitu di Kilometer 43, Kilometer 68 arah Merak dan Kilometer 68, Kilometer 45 arah Jakarta,” kata Rawiah.

Aron

Sumber: viva                  .