Ini Tips Berburu Tiket Kereta Api Tambahan Lebaran Versi PT KAI

oleh

Surabaya – Bagi penumpang yang kehabisan tiket balik, usai mudik lebaran, jangan khawatir. Ini tips berburu tiket kereta api tambahan lebaran bagi pemudik yang hendak melakukan perjalanan arus balik.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko, memberikan tips untuk penumpang yang akan berburu tiket arus balik.

Tips yang pertama dan yang paling penting menurut Gatut, harus dipastikan koneksi internet dalam keadaan stabil selama proses pencarian tiket. Karena pencarian tiket juga bisa dilakukan via online agar lebih memudahkan pemudik.

“Kemudian cari alternatif tanggal atau rute KA, karena KA tambahan Lebaran 2018 akan dirilis bersamaan. Kemudian carilah alternatif tiket terusan. Misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen-Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang,” kata Gatut di Surabaya, Sabtu (14/6/2018).

Tak hanya itu, Gatut menambahkan traffic pemesanan tiket biasanya sangat penuh pada menit-menit pertama tiket dirilis. Untuk itu, Gatut berpesan pemudik sebaiknya mencoba untuk melakukan pemesanan tiket pada satu atau dua jam setelah tiket kereta api tambahan lebaran dirilis.

“Pada beberapa kasus, beberapa pelanggan berhasil memesan tiket pada menit-menit awal. Namun tidak segera melakukan pembayaran maksimal satu jam setelah pemesanan, sehingga tiket hangus dan kembali available,” ujar Gatut.

Gatut juga mengimbau pemudik agar dengan sabar mengecek ketersediaan tiket secara berkala di situs penjualan atau contact center. Seringkali banyak pemudik yang sudah membeli tapi belum membayar setelah satu jam, tiketnya akan muncul kembali dan tersedia.

“Cek berkala di situs penjualan atau contact center. Karena jika ada yang batal atau belum bayar setelah satu jam maka tiket tersebut akan muncul kembali,” imbaunya.

Aron

Sumber: detik                  .