Resmikan Terminal Baru Bandara Semarang, Jokowi Kaget

oleh

Semarang – Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden juga membawa pesawat Kepresidenan untuk menjajal terminal baru itu

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Jubir Kepresidenan Johan Budi, anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar, Jaksa Agung H.M Prasetyo. Kemudian ada Plt Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, Pangdam IV Diponegoro, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang.

Dalam sambutannya, Jokowi mengaku kagum dengan terminal baru tersebut. Selain desain bangunan, menurut Jokowi lingkungannya pun indah.

“Di sini saya enggak ngecek tahu-tahu jadi, tahu-tahu kaget. Secara arsitektur, ini bandara apa ya… arsitekturnya bagus, lingkungannya cantik, kelihatan juga arus lalu lintas enak keluar masuknya,” kata Jokowi, di lokasi, Kamis (7/8/2018).

Desain bandara baru Ahmad Yani Semarang secara keseluruhan mengadopsi konsep eco-airport karena sebagian bangunan berdiri di atas air. Maka tidak heran jika banyak hiasan atau taman dengan konsep kolam yang asri di bandara ini.

Presiden menjelaskan, lonjakan kapasitas yang bisa ditampung di Bandara Internasional Ahmad Yani sangat tinggi yaitu dari 800 ribu penumpang per tahun menjadi 6 sampai 7 juta per tahun.

“Fasilitas baru akan memanjakan penumpang berikan kenyamanan pada penumpang,” pungkasnya.

Peresmian dilakukan simbolis dengan penekanan tombol dan penandatanganan prasasti. Jokowi dan Iriana Jokowi meninjau terminal baru tersebut.

Untuk diketahui, terminal baru itu memiliki luas 58.652 m2 dengan kapasitas 6,9 juta penumpang per tahun. Bandara Ahmad Yani kini juga memiliki apron seluas 72.522 m2 dengan 12 parking stand.

Ada 30 check in counter dan juga 4 visa on arrival counter di terminal baru. Selain itu karena gedung terminal baru terdiri dari 3 lantai maka disiapkan juga fasilitas 2 travelator, 8 eskalator, dan 8 elevator.

Kini bandara Ahmad Yani juga sudah memiliki 3 garbarata. Sedangkan untuk area parkir kendaraan di bandara baru bisa menampung 1.200 kendaraan dengan total luas 43.633 m2. Bandara tersebut sudah dioperasionalkan sejak hari Rabu (6/6) kemarin.

Aron

Sumber: detik                  .