Rencana Kereta Layang Jakarta Sudah Makin Dekat

oleh

Jakarta – Jakarta akan dilengkapi kereta layang atau loop line. Saat ini, pemerintah sedang mendorong badan usaha untuk menjadi pemrakarsa proyek tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Jumat (11/5) mengatakan loop line bertujuan untuk mengatasi masalah perlintasan sebidang, sehingga tidak menghalangi laju kendaraan serta mengurangi kecelakaan.

“Loop line itu pada dasarnya meng-improve jalan kereta api lingkar Jakarta, menjadi elevated, supaya tidak ada lintasan sebidang. Kalau tidak ada lintasan sebidang ada dua hal paling diuntungkan, tidak interupsi perjalanan. Kedua mengurangi kecelakaan,” ungkapnya.

Budi Karya mengatakan, loop line akan menghubungkan beberapa titik. Di antaranya, Serpong, Tanah Abang, Kota, Kemayoran, Manggarai.

Rencananya, loop line dibangun tahun depan. Menurut Budi Karya, konsep loop line mirip dengan light rail transit (LRT). PT Adhi Karya (Persero) Tbk pun berminat terlibat dalam menggarap proyek tersebut.

PT Adhi Karya (Persero) Tbk bersiap membangun kereta layang atau loop line di Jakarta. Dalam pengerjaan proyek ini akan dilakukan oleh konsorsium yang terdiri dari tiga badan usaha.

Nantinya, badan usaha yang terlibat dalam konsorsium adalah Adhi Karya, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. Pihaknya sudah menyurati Kementerian Perhubungan.

“Kita baru berkirim surat ke Kementerian Perhubungan, dengan tembusan ke Pak Gubernur (Anies Baswedan). Kan ada kontribusi pusat dan daerah,” kata Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Brata di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Namun selaku operator belum ditentukan. Yang berkemungkinan mengoperatori loop line ini adalah PT KAI (Persero).

“Kita lihat. Tapi pasti kita beri first opsi kepada KAI ya,” ujarnya.

Aron

Sumber: detik                       .