5 Tips Menjaga Berat Badan di Musim Hujan

oleh
Umumnya masyarakat lebih suka menikmati cemilan saat musim hujan, terutama perempuan. Keinginan kaum perempuan untuk menurunkan berat badan di musim hujan seperti sekarang ini agaknya terkendala.  Pasalnya cuaca dingin mampu menggoda untuk bermalas-malasan sambil menikmati berbagai macam kudapan. Alhasil, tak jarang tubuh ideal yang diinginkan menjadi sirna. Lalu bagaimana mengatasinya?

Seperti dilansir The Sun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari masalah berat badan. Anda pun bisa melakukan beberapa langkah berikut ini agar tubuh tetap ideal.

1. Latihan interval
Cuaca dingin tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. “Lakukan 30 menit latihan interval tiga sampai empat kali seminggu,” kata ahli gizi di Quest Nutra Pharma, Alix Woods.

“Jika Anda berjuang untuk sampai ke gym atau Anda terlalu dingin untuk meninggalkan rumah berpemanas Anda, ada banyak aplikasi kebugaran yang tersedia untuk diunduh yang memberi Anda latihan interval,” tambah dia.

Latihan interval memungkinkan tubuh membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang lebih singkat daripada latihan kardiovaskular yang stabil, seperti berlari jarak jauh lagi. “Ini karena periode pelatihan intensitas tinggi dan waktu pemulihan intensitas rendah,”  ujar Alix.

2. Tambahkan protein
Protein membuat Anda kenyang lebih lama. Artinya, Anda tidak terlalu tergoda dengan semua makanan saat musim dingin.

Marilyn Glenville, seorang ahli gizi dan penulis Fat Around the Middle mengatakan protein memperlambat laju bahwa perut memroses makanan dan menunda berlalunya karbohidrat.

“Begitu Anda menambahkan protein, baik itu hewan atau sayuran, ke karbohidrat, Anda mengubahnya menjadi pelepas karbohidrat yang lebih lambat, yang membantu menyeimbangkan kadar gula Anda,” jelas dia.

3. Beralih ke gandum
Makanan padat gandum melepaskan energi mereka lebih lambat yang menekan nafsu makan Anda. “Ganti dengan alternatif whole grain yang melepaskan energi perlahan,” jelas Marilyn.

“Karbohidrat dalam roti gandum dipecah perlahan selama beberapa jam dan karenanya tidak menimbulkan banyak gula ke dalam aliran darah. Juga, pelepasan bertahap ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama, menekan nafsu makan Anda dan menghentikan Anda menginginkan makanan manis karena Anda tidak berada di roller coaster gula darah,” lanjut dia

4. Makan setiap tiga jam
Kabar baik bagi mereka yang menghitung antara makan. Makan lebih sering, menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

“Cobalah untuk menjaga kadar gula darah dan tingkat energi Anda tetap stabil dengan makan secara teratur. Makan sarapan, makan siang dan makan malam ditambah camilan pertengahan pagi dan satu sore di tengah, dengan tidak lebih dari tiga jam,” terang Marilyn.

Nathania
Sumber: sindonews                               .