Kamu Insomnia? Atasi dengan 5 Aplikasi Ini

oleh

Terganggu dengan insomnia? Jangan anggap sepele, apalagi dianggap keren. Kekurangan tidur justru memberikan segudang dampak negatif pada kehidupanmu sehari-hari.

Menurut laporan Healthy Sleep dari Fakultas Kesehatan Harvard, kekurangan tidur tidak hanya memberi rasa lelah, melainkan memberi efek berantai seperti mood yang buruk, kurang fokus, dan menimbulkan penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Singkatnya, kekurangan tidur tidak hanya berefek pada aktivitas keesokan harinya, tapi turut memperpendek harapan hidup seseorang. Itulah mengapa insomnia harus ditangani serius.

Bila kamu kesulitan tidur akibat insomnia, berikut lima aplikasi yang bisa kamu instal untuk membantu mendapatkan tidur nyenyak.

1. White Noise ~ Sleeping Sounds

White noise adalah sebutan jenis suara yang dapat membuat orang lebih tenang dan fokus. Suara-suara tersebut biasanya menyerupai suara hujan atau arus.

Aplikasi White Noise ~ Sleeping Sounds menyediakan suara-suara tersebut.  Suara-suara yang dihasilkan aplikasi ini adalah suara-suara alami yang akan membawa pikiran menjadi tenang dan menghilangkan suara-suara bising yang membuat kamu semakin susah tidur.

Baiknya lagi, kamu bisa mengatur waktu kapan suara pengantar tidur akan dimulai dan kapan pula akan berhenti tanpa khawatir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. Calm Meditate

Bila kamu penggemar meditasi, aplikasi ini bisa menjadi rujukan yang murah meriah.

Calm Meditate adalah aplikasi meditasi yang memiliki ratusan program untuk meditasi bagi pemula, menengah, dan lanjutan. Tersedia beberapa sesi meditasi dengan durasi yang bisa kamu pilih sendiri mulai dari 3, 5, 10, 15, 20, sampai 25 menit.

Kamu juga bisa memilih topik meditasi sesuai yang kamu butuhkan termasuk susah tidur, stres, kecemasan, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga akan menunjukkan kemajuan kamu selama melakukan meditasi.

Suara Alam

Wisata NTT
Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Salah satunya, pantai Ogor Paret di Desa Waihama, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, NTT.

Tersedia pula aplikasi yang menawarkan suara-suara alam yang menenangkan pikiran.

3. Relax Melodies

Relax Melodies menawarkan lebih dari 100 suara pengantar tidur untuk relaksasi bagi kamu yang terserang insomnia.

Selain ada banyak suara seperti suara air, gemerisik daun, burung, angin, dan lain sebagainya, aplikasi ini juga menawarkan meditasi yang bisa kamu lakukan sendiri untuk membantu menghilangkan insomnia, stres, mimpi buruk dan lain-lain.

4. Rain Rain Sleep Sounds

Suara hujan memang menenangkan dan bisa membantu tidur lebih cepat dan nyenyak. Hujan di malam hari sangatlah menenangkan pikiran, sayangnya kita tidak bisa memilih kapan hujan turun.

Kabar baiknya, kamu bisa instal aplikasi seperti Rain Rain Sleep Sounds akan menghasilkan suara hujan yang alami dan menenangkan dengan kualitas suara yang jernih. Selain suara hujan, aplikasi ini juga dapat menghasilkan suara-suara alami lainnya seperti gelombang laut hingga petir.

Kamu juga bisa menggabungkan beberapa suara sesuai keinginan untuk membuat tidur semakin nyaman.

 

Bisa Juga Lewat Spotify

Spotify
Spotify. Sumber: Parentesis.com

Ada lagi pilihan aplikasi tambahan untuk membantumu tidur.

5. Sleepo

Sleepo menyajikan koleksi beragam suara HD yang dapat dicampurkan untuk menciptakan suasanan menenangkan yang sempurna. Kamu bisa memilih sendiri berbagai suara seperti suara hujan, suara alam hingga instrumen musik yang menghanyutkan.

Kamu juga bisa menjadwalkan pengatur waktu untuk menghentikan aplikasi ini secara otomatis. Selain untuk relaksasi dan pengantar tidur, Sleepo juga bisa digunakan sebagai media meditasi.

Selain lima pilihan di atas, kamu juga bisa dengan mudah mencari suara-suara yang membantu tidur lewat Spotify.

Cobalah cari kata kunci seperti  Nature Sounds di Spotify, maka akan muncul berbagai pilihan suara alam seperti air terjun, suara hutan di malam hari, atau suara hujan badai.

Ada pula Gentle Rains, bila kamu ingin mendengar beragam suara hujan, mulai dari yang deras sampai redam, dan mungkin yang paling recommended adalah Bird Sounds, yang dapat membantumu menenangkan pikiran.

nathania
Sumber : liputan6                                     .