Acara Ground Breaking Pelebaran Alur Tano Ponggol Pangururan

oleh

Pangururan – Sehari sebelum hari jadi Hut Dirgahayu ke- XIV Kabupaten Samosir , akhirnya impian dan harapan Pemerintah Kabupaten Samosir dan seluruh lapisan masyarakat  khususnya Samosir, dilaksanakan Ground  Breaking Pelebaran Alur Tano Ponggol resmi dilaksanakan Senin 26 Pebruari 2018 . Ini merupakan kado terindah menjelang Hut Ulang Tahun Kabupaten Samosir yang ke XIV – Selasa 27 Pebruari 2018

Peresmian ini dihadiri pejabat pusat dan anggota DPR RI,  Bupati/ Wakil Bupati Samosir Ketua dan Anggota DPRD Samosir, Kapolres Samosir, Dandim 0210 Taput , Kajari Samosir, Sekda Samosir, Para Asisten Sekdakab Samosir, para pimpinan SKPD, Tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitarnya. 

Kelihatan masyarakat sangat bergembira dan menyambut baik peresmian peletakan batu pertama pembangunan terusan Tano Ponggol ini, karena hal demikian secercah harapan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat sudah semakin di depan mata. Seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Samosir mengaspresiasi kerja keras Pemerintah dalam mewujudkan Samosir lebih maju dari ketertinggalannya dari daerah lainnya.
Suasana Acara Pelebaran Alur Tano Ponggol
Pemukulan Gondang Tanda Peresmian
Pengorekan Pertama Tanah Alur Tano Ponggol

Ground Breaking Pelebaran Alur Tano Ponggol ini, diawali Ibadah Singkat dari salah seorang Pendeta dari gereja di Samosir, dimulainya penggalian pertama Pembangunan Alur Tano Ponggol dengan panjang kurang lebih 1.500 m dan lebar 80 m dan 20 m lebar untuk jalan kiri-kanan alur tano ponggol. Proyek ini adalah merupakan bagian dari komitmen dari Bapak Presiden Jokowi untuk pengembangan kawasan Strategi prioritas parawisata Nasional Danau Toba. Proyek ini bersumber dari APBN, yang akan direncanakan akan tuntas tahun 2019.

Tano Ponggol merupakan penghubung pulau Samosir dengan pulau Sumatera atau tepatnya Sumatera Utara, yang dulu juga pusat perekonomian masyarakat yang berdagang dari daerah Haranggaol dan Tigaras dengan naik kapal.

Tano Ponggol ini merupakan sebuah situs sejarah terbentuknya pulau Samosir yang konon Pulau Samosir berada satu daratan dengan Pulau Sumatera. Dan kini masyarakat sangat berharap banyak kepada Pemerintah untuk mengembalikan pamor Tano Ponggol sebagai Pusat Pariwisata dan Perekonomian di Kabupaten Samosir. Untuk itu mari kita dukung dan aspresiasi perkembangan pembangunan yang sudah berjalan ini dengan baik.

Ayo ke Samosir Negeri Indah Kepingan Sorga…Horas..Horas…Horas………
Nikolas sn

sumber : horasfiesta                      ..