Lagu Nahum Situmorang inspirasi Petani Kecamatan Pangururan

oleh

PANGURURAN – Lagu Nahum Situmorang “Pulo Samosir “, yang berisi lirik gok disi hassang, nang eme nang bawang radak do pinahan di dolok i … ternyata menginspirasi Kelompok Tani Martupa yang berada di desa Rianiate Kecamatan Pangururan Kab. Samosir.

Terinspirasi dari lagu tersebut , kelompok tani  memaknai lagu dengan kerja .. kerja … kerja dan membuahkan hasil , panen  jagung bersamaan bawang . Saat panen disaksikan oleh Bupati Kabupaten Samosir Drs Rapidin Simbolon ( Rabu 21 Pebruari 2018 ). Bupati juga bersyukur , karena saat ini kondisi alam mendukung , hujan sudah turun membasahi bumi Samosir . Dengan seringnya hujan turun diharapkan akan  menyusul panen padi dan panen yang lainnya . Yang tentunya dapat meningkatkan perekonomian petani dan dampaknya ekonomi masyarakat sekitarnya .

Setelah beberapa bulan lebih Kabupaten Samosir mengalami musim kemarau panjang yang mengakibatkan lahan pertanian mengering , akhirnya dituruni musim penghujan di akhir-akhir  ini.

Ekonomi para petani yang selama ini melemah akibat hasil pertanian mereka gagal total tampaknya sudah mulai bergegas mengolah lahan pertaniannya .

Seperti pantauan wartawan di beberapa desa baik di Kecamatan Pangururan maupun daerah lainnya , para petani  mulai beraktivitas seperti biasanya.

Semoga hasil panen tahun ini sesuai dengan harapan dan doa .

Jayalah para petani … jayalah Samosir dan Jayalah Indonesiaku.

Nikolas S Naibaho