JR Saragih-Ance Gagal Maju di Pilgub Sumut , Gara-Gara Legalisir STTB SMA

oleh

MEDAN – Dianggap tidak memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara , Pasangan Jopinus Ramli (JR) Saragih-Ance Selian gagal ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara tahun 2018. 

Hal itu dikatakan Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea, dalam konfrensi pers usai rapat pleno terbuka pengumuman penetapan pasangan calon pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumut tahun 2018, di Ballroom Hotel Grand Mencure, Medan, Senin (12/2/2018).

Mulia menjelaskan, berkas pendaftaran yang tidak memenuhi syarat dari pasangan JR Saragih-Ance Selian, adalah berkas fotocopy legalisir Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) SMA dari JR Saragih.

Berkas STTB terlegalisir itu diduga palsu, karena dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap berkas STTB ijazah SMA yang bersangkutan, sekolah penerbit STTB itu sudah tutup, dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta sebagai otoritas yang membawahi sekolah penerbit STTB itu, mengaku tidak pernah melegalisir STTB tersebut.

“Dengan kondisi tersebut, berkas yang diajukan tidak memenuhi ketentuan dalam Pasal 50 Peraturan KPU-RI Nomor 3 Tahun 2017 tentang syarat calon. Sehingga tidak kita tetapkan sebagai pasangan calon,” ujar Mulia.

Benget menegaskan, pihaknya bertanggungjawab penuh atas keputusan penetapan yang sudah diambil itu. Termasuk kesiapan menghadapi potensi gugatan dari pasangan JR Saragih-Ance Selian.

“Kita bekerja profesional dan bertanggungjawab. Kalau mau digugat, silahkan saja,” tegasnya.

Sementara itu JR Saragih-Ance Selian yang ikut hadir dalam rapat tersebut menyatakan akan menyampaikan gugatan atas keputusan KPU Sumut itu ke Badan Pengawas Pemilu.

“Iya kami akan segera mengajukan gugatan,” kata JR sebelum meninggalkam ruang rapat pleno.

Dengan tidak memenuhi syaratnya pasangan JR Saragih-Ance Selian, maka hanya dua pasangan calon yang akan maju di Pilgub Sumut 2018. Yakni pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan pasangan Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus. Kedua pasangan itu akan mengundi nomor urut pada Selasa 13 Februari 2018 besok.

 .

Suryono

sumber : okezone